Indonesia/Map issues

From waze
< Indonesia(Redirected from Indonesia:map issues)
Jump to: navigation, search

Perbaikan Masalah Peta (Map Issues)

Salah satu Lapisan (Layer) yang terdapat di WME adalah Lapisan Masalah Peta. Masalah-masalah peta yang terjadi di WME tidak selalu terbaharui, tetapi ada saat-saat dimana Masalah-Masalah tersebut akan bermunculan secara banyak, karena masalah-masalah ini diatur oleh Waze secara otomatis.

Halaman ini akan mendiskusikan tipe-tipe Masalah yang terjadi, dan apa yang harus dilakukan Penyunting untuk memperbaiki masalah-masalah peta tersebut.

Secara umum, ada beberapa tip yang berlaku untuk menyelesaikan masalah peta:

  • Jika anda tidak yakin dengan masalah yang terjadi, jangan pernah menyelesaikannya. Biarkan masalah itu terbuka dan penyunting yang lebih berpengalaman atau berdomisili di dekat masalah itu terjadi yang menyelesaikannya.

Di semua masalah tersebut, akan ada dua (2) buah garis yang signifikan. Kedua garis itu adalah:

  • Garis Merah Muda - Rute yang disarankan Waze (Penyebab masalah)
  • Garis Hijau - Rute yang ditempuh oleh pengguna

Tabel berikut ini mendeskripsikan masalah-masalah peta yang sering terjadi di WME.

Deskripsi Masalah Saran WME Penyelesaian
Id turn allowed.png
Belokan yang Dilarang Mungkin Seharusnya Diperbolehkan Rute melalui belokan yang ditandai larangan (The route goes through a turn which is marked as not allowed) Bila belokan diperbolehkan, tandailah dengan sesuai, bila tidak, pilih 'Tak dikenali' (If the turn is allowed, mark it as such, otherwise, choose 'Not identified') Masalah ini sangat mudah dipecahkan. Biasanya yang terjadi adalah ada penyunting atau kesalahan di sistem WME yang menyebabkan belokan ke arah yang ditunjukkan oleh Masalah menjadi dilarang (Tanda Panah Merah). Untuk menyelesaikannya, ubah Tanda Panah Merah tersebut menjadi Hijau.
Id missing junction.png
Tidak Ada Persimpangan Jalan berdekatan, tetapi, tidak dihubungkan dengan persimpangan (The roads are close to each other, however, they are not connected by a junction) Tarik ujung salah satu jalan hingga menyentuh yang lain (Drag the edge of one road so that it touches the other) Masalah ini dianjurkan oleh Waze untuk diselesaikan dengan solusi 'Tak dikenali,' karena sering kali masalah-masalah ini sebenarnya terjadi karena pengguna-pengguna sepeda motor menerobos jalan yang seharusnya tidak dilewati.
Id missing road.png
Jalan Hilang Jalanan terlalu jauh jaraknya dan kemungkinan ada jalan yang hilang di antaranya (The roads are too far apart from each other and most likely a road is missing in between) Gambar jalan baru menghubungkan dua jalan yang tak terhubung (Draw a new road connecting the two disconnected roads)

Masalah ini dapat dengan sangat mudah diselesaikan, tetapi untuk beberapa kasus, sangat sulit.

Jika masalah ini terjadi di segmen jalan yang sudah jelas, masalah dapat diselesaikan dengan menambahkan segmen baru dengan tipe yang sama di antara dua segment tersebut.

Tetapi, terkadang WME akan memunculkan masalah ini dengan segmen lurus/tidak jelas, sementara di peta sendiri tidak terlihat jalan yang dimaksud. Jika masalah ini ditemukan, penyelesaiannya bisa dilakukan dengan menambahkan segmen jalan dengan detil dan mengikuti peta. Jika anda ragu-ragu untuk menyelesaikannya, biarkan saja masalah ini terbuka.

Id dont follow route issue.png
Rute yang Dianjurkan Sering Diabaikan Banyak pengguna tidak mengikuti rute yang dianjurkan (Most users did not follow the suggested route) Periksa apakah rute diperbolehkan (Check whether the route is allowed) Masalah ini adalah kebalikan dari masalah Belokan di atas. Waze menganjurkan pengguna menggunakan rute yang diberikan dengan warna merah muda, walaupun sebenarnya rute itu tidak diperbolehkan. Untuk menyelesaikannya, ubah Tanda Panah Hijau dimana rute berbelok menjadi Merah.
Id direction mismatch.png
Arah Jalan Tidak Sesuai Sebagian dari rute ini memiliki arah yang salah (Part of the route is in the wrong driving direction) Ganti arah jalan untuk menyesuaikan dengan rute (Change the driving direction to match that of the routes)

Masalah ini sangat sensitif, karena jika penyelesaiannya bermasalah, rute jalan/segmen yang salah dapat membahayakan pengguna Waze di jalan. Masalah ini hanya dapat diselesaikan jika anda benar-benar mengetahui daerah dimana masalah tersebut terjadi.

Jika anda ragu-ragu untuk menyelesaikannya, biarkan saja masalah ini terbuka.