The new Waze Wiki, aka Wazeopedia, is now live at Wazeopedia.waze.com! While this legacy wiki will remain accessible for the time being, it is no longer updated by the community. For the most up-to-date guidance, please visit your local Wazeopedia.

Please do not make any more updates to these legacy wiki pages, all future updates should be made in your country's local Wazeopedia.

Clock over a larger globe

Difference between revisions of "Tips Untuk Penyunting Pemula"

From waze
Jump to: navigation, search
(Added category)
m (Pekerjaan Yang Konstruktif/Membangun)
Line 13: Line 13:
 
* Menambahkan jalan-jalan yang baru saja selesai dibangun tetapi belum terlihat di peta, atau jalan-jalan yang terlihat salah karena pencitraan satelit/Street View yang tidak terkinikan.
 
* Menambahkan jalan-jalan yang baru saja selesai dibangun tetapi belum terlihat di peta, atau jalan-jalan yang terlihat salah karena pencitraan satelit/Street View yang tidak terkinikan.
 
* Memperbaiki segmen-segmen yang memiliki titik-titik geometri yang tidak berguna/berlebih.
 
* Memperbaiki segmen-segmen yang memiliki titik-titik geometri yang tidak berguna/berlebih.
* Berkontribusi untuk percakapan-percakapan UR yang sudah dimulai oleh penyunting lain, terlebih jika anda mempunyai pengetahuan local yang dapat membantu penyelesaian UR tersebut.
+
* Berkontribusi untuk percakapan-percakapan UR yang sudah dimulai oleh penyunting lain, terlebih jika anda mempunyai pengetahuan lokal yang dapat membantu penyelesaian UR tersebut.
 
* Memberitahu Area Manager dan/atau Penyunting-penyunting senior mengenai masalah peta (MP).
 
* Memberitahu Area Manager dan/atau Penyunting-penyunting senior mengenai masalah peta (MP).
 
* Memperbaiki kategori-kategori Places sesuai dengan [[Pembuatan dan Penamaan Tempat|aturan yang berlaku]]. Sebagai contoh, pada saat Waze meluncurkan Places, kebanyakan hotel dikategorikan sebagai '''Hostel''' dan bukan '''Hotel'''.
 
* Memperbaiki kategori-kategori Places sesuai dengan [[Pembuatan dan Penamaan Tempat|aturan yang berlaku]]. Sebagai contoh, pada saat Waze meluncurkan Places, kebanyakan hotel dikategorikan sebagai '''Hostel''' dan bukan '''Hotel'''.

Revision as of 15:17, 3 August 2015

Sebagai penyunting pemula, tentunya yang dicari oleh anda adalah poin, poin dan poin dengan segala cara. Akan tetapi, akanlah lebih baik jika anda menyalurkan pengetahuan anda untuk daerah-daerah yang anda kenal dengan baik. Jika anda tinggal dan/atau bekerja di daerah-daerah padat, maka kemungkinan daerah tersebut sudah disunting dengan jumlah yang besar. Tidak banyak pekerjaan yang bisa dilakukan kecuali menghapus titik-titik geometri berlebihan, atau memastikan aturan berbelok.

Cobalah memikirkan untuk menyunting daerah-daerah yang jarang dikunjungi. Banyak daerah yang kurang diperhatikan oleh komunitas. Daerah-daerah tersebut mungkin akan penuh dengan segment merah, segment yang tidak diberikan nama, jalan tanah yang dikategorikan sebagai jalan biasa, dan sebagainya. Cobalah cari informasi yang dapat membantu memperbaiki daerah-daerah tersebut. Mungkin upaya yang dilakukan akan besar, tapi itu salah satu bentuk kontribusi nyata.

Yang paling penting, selalu berwaspadalah sebelum memodifikasi hasil pekerjaan penyunting-penyunting lain.

Pekerjaan Yang Konstruktif/Membangun

  • Memastikan bahwa nama jalan, singkatan dan kapitalisasi kata-katanya sudah benar, tanda-tanda sudah sesuai dengan Google Street View (jika ada), dan nama-nama sudah konsisten berada di dalam perbatasan kota.
  • Memastikan bahwa awalan dan akhiran sudah sesuai dengan aturan penyingkatan kata.
  • Memastikan arah-arah segmen jalan, terutama jalan-jalan satu arah yang masih ditunjukkan Waze sebagai jalan dua arah.
  • Memastikan aturan berbelok, terutama aturan berbelok untuk waktu tertentu (Time-Based Restriction).
  • Memperbaiki jalan-jalan yang terlihat sebagai jalan menembus di peta Waze, tapi pada kenyataannya jalan-jalan tersebut diblok (seperti portal perumahan, dan sebagainya).
  • Menambahkan jalan-jalan yang baru saja selesai dibangun tetapi belum terlihat di peta, atau jalan-jalan yang terlihat salah karena pencitraan satelit/Street View yang tidak terkinikan.
  • Memperbaiki segmen-segmen yang memiliki titik-titik geometri yang tidak berguna/berlebih.
  • Berkontribusi untuk percakapan-percakapan UR yang sudah dimulai oleh penyunting lain, terlebih jika anda mempunyai pengetahuan lokal yang dapat membantu penyelesaian UR tersebut.
  • Memberitahu Area Manager dan/atau Penyunting-penyunting senior mengenai masalah peta (MP).
  • Memperbaiki kategori-kategori Places sesuai dengan aturan yang berlaku. Sebagai contoh, pada saat Waze meluncurkan Places, kebanyakan hotel dikategorikan sebagai Hostel dan bukan Hotel.
  • Menambahkan titik-titik Places baru sesuai dengan aturan yang berlaku.

Pekerjaan Yang Beresiko/Merusak

  • Menambahkan jalan-jalan yang tidak dapat dilalui kendaraan seperti Walking Trails, Railroads, Runways/Taxiways, dan sebagainya. Mungkin mereka tidak terlihat berbahaya, tetapi cara Waze mengimplementasi tipe-tipe jalan ini, mungkin saja kejutan-kejutan dapat terjadi dan mempengaruhi routing.
  • Merubah tipe jalan antara Street, Primary Street, Minor and Major Highways, dan dapat merusak data-data segment seperti kecepatan rata-rata, dan sebagainya).
  • Menambahkan Parking Lot Roads yang berlebihan, yang bisa mengganggu routing ke tujuan terdekat, atau meninggalkan data berbelok yang tidak benar, atau tidak menempelkan jalan ke segmen-segment yang mungkin dikunci.
  • Merubah persimpangan-persimpangan penting, Ramps atau Jalan Tol (Kemungkinan terjadi kecil karena segmen-segmen penting selalu dikunci dengan tingkat tinggi).
  • Memecahkan atau menyatukan jalan.
  • Menutup URs tanpa melakukan apa-apa. Penutupan URs harus dengan etika penutupan UR, dan masalah ini memang umum di antara Wazers.
  • Menyunting jalan-jalan Private Roads yang dapat membuat penalti routing menjadi sangat tinggi.
  • Menambahkan atau memodifikasi bundaran.
  • Menambahkan Place-place seenaknya, termasuk untuk Places Alam seperti Laut, Sungai, dan sebagainya tanpa memikirkan manfaatnya.